-->

Matahari Sebagai Bintang



 “Melangkah bersama Mr.San 

menggapai langit yang tinggi 
menuju matahari”






Kenalan dulu dong sama Mr. San!

Mister San adalah seorang pemandu dan sekaligus teman yang akan menemani anda dalam perjalanan. Dia akan munjukkan jalan mana yang harus ditempuh untuk menuju Matahari. Namun jalan itu hanya bisa dilewati jika anda mampu menjawab teka – teki yang ada di persimpangan jalan tersebut. Jika anda Bingung jangan malu untuk bertanya ya! Mr.San pasti menolongmu. Semoga selamat sampai tujuan ,kawan!



TEKA – TEKI PERJALANAN
Pernahkah terlintas di benak anda segelintir pertanyaan di bawah ini: 
  • Mengapa  matahari digolongkan sebagai bintang? 
  • Mengapa matahari tampak sebagai bintang yang paling besar dan paling cerah di langit?
  • Berapa kali lipatkah besar Matahari jika dibandingakan dengan Bumi?Apakah anda merasa kalau matahari lebih besar dari bumi? Apa anda merasa, Padahal jika kita lihat di bumi ini matahari kelihatan begitu kecil?
  • Matahari terbuat dari apa ya?
  • Kata orang matahari itu seperti kue lapis, iya gitu? Emang matahari dilapisi oleh apa aja?
  • Seberapa panaskah Matahari?
  • Apa sajakah fenomena yang terjadi di matahari?
  • Cahaya matahari memberikan keindahan untuk kehidupan di bumi ini. Ia mampu menerangi seluruh isi bumi ini.. namun pernahkah kita bertanya, Mengapa matahari tampak bercahaya ?dari mana sumbernya?
  • Bagaimanakah matahari mempertahankan temperaturnya,sedangkan energi terus menerus dipancarkan.?
  • Sampai kapan matahari tampak bercahaya?
  • Mengapa cahaya matahari tampak berwarna kekuning – kuningan ? 
  • Apa saja manfaat yang diberikan matahari bagi kehidupan kita?




Pertanyaan – pertanyaan diatas sebagian kecil dari  satu hal yang akan mengantarkan kita  untuk menemukan seberapa besar pengetahuan kita tentang matahari.
Ingin tahu jawabannya?

 

Mengapa  matahari digolongkan sebagai bintang?

Ada tiga alasan mengapa Matahari digolongkan sebagai bintang, yaitu :
  • Matahari memiliki sumber cahayanya sendiri 



  • Spektrum cahaya matahari mirip dengan spektrum cahaya bintang

 
  • Proses pembentukan energinya, yang berdasarkan fusi nuklir sama seperti bintang

Mengapa matahari tampak sebagai bintang yang paling besar dan paling cerah di langit?

Di antara miliaran bintang di langit, matahari adalah bintang berukuran sedang saja. Masih banyak bintang lain yang lebih besar , lebih panas dan lebih cerah daripada matahari. 
Nah, matahari tampak sebagai bintang paling besar dan paling cerah karena ia paling dekat dari bumi, kira – kira 150 juta km (0,15 miliar km). Bandingkan dengan bintang ke dua yang terdekat dari bumi yaitu Proxima Centauri yang berjarak kira – kira 40 miliar km dari bumi


Matahari terbuat dari apa ya? 

Materi yang membentuk matahari diperkirakan 75% unsur hidrogen, 20% unsur helium dan 5% unsur – unsur lebih berat (besi,nitrogen,magnesium,oksigen, karbon, dan neon).


Kata orang matahari itu seperti kue lapis, iya gitu? Emang matahari dilapisi oleh apa aja?

Berdasarkan letaknya, susunan lapisan matahari dapat dibedakan menjadi empat macam. Lapisan-lapisan tersebut mulai dari yang terdalam berturut-turut adalah lapisan inti, fotosfer, kromosfer, dan korona. 
  • Inti 
Inti merupakan bagian yang paling dalam dari matahari. Suhu di lapisan ini diperkirakan mencapai l6 juta oC. Oleh karena itu, di lapisan inilah reaksi fusi dapat berlangsung. Energi hasil reaksi fusi dipancarkan ke luar secara radiasi.
  • Fotosfer (Lapisan Cahaya) 
Fotosfer merupakan permukaan matahari yang tebalnya kurang lebih 350 km. Lapisan inilah yang memancarkan cahaya sangat kuat. Oleh karena itu. fotosfer juga disebut lapisan cahaya. Suhu di fotosfer diperkirakan rata-rata 6.000 oC. Pada suhu tersebut, suatu benda memancarkan cahaya berwarna kuning. Hal ini sesuai dengan cahaya matahari yang berwarna kekuning-kuningan.
  • Kromosfer 
Kromosfer merupakan lapisan gas dli atas fotoser yang tebalnya sekitar l6.000 km. Oleh karena itu, kromosfer sering disebut lapisan atmosfer matahari. Di lapisan bawah (dekat fotosfer). suhu kromosfer diperkirakan sekitar 4.000 oC. Makin ke atas. suhu kromosfer makin tinggi. Pada lapisan yang paling atas.,suhu kromosfcr diperkirakan mencapai 10.000 oC. Kromosfer.hanya dapat dilihat pada saat terjadi gerhana matahari total. Pada saat itu. Kromosfer tampak seperti gelang atau cincin yang berwarna merah.
  • Korona 
Korona mempakan lapisan matahari yang paling luar. lapisan ini juga sering disebut lapisan atmosfer matahari bagian luar. Korona juga merupakan lapisan gas yang sangat tipis. Gas tersebut sering tampak seperti mahkota putih cemerlang yang mengelilingi rnatahari. Oleh karena itu, lapisan gas tersebut disebut korona, artinya mahkota. Karena merupakan lapisan gas tipis. bentuk korona selalu berubah-ubah. Tebal korona diperkirakan mencapai 2,5 juta km. Adapun suhunya diperkirakan mencapai 1 juta oC Korona dapat diamati setiap saat dengan teleskop. Teleskop yang digunakan untuk mengamati korona disebut koronagraf.

Cahaya matahari memberikan keindahan untuk kehidupan di bumi ini. Ia mampu menerangi seluruh isi bumi ini.. namun pernahkah kita bertanya, Mengapa matahari tampak bercahaya ?dari mana sumbernya?

            Bila bahan bakar matahari sama seperti bahan bakar yang ada di bumi., dari perhitungan, beberapa tahun saja matahari sudah padam. Jadi, bahan bakarnya bukan seperti yang ada dibumi. Lantas apa ya bahan bakarnya?
Matahari memancarkan energi dalam bentuk cahaya ke segala arah. Energi yang dipancarkan tersebut, hanya sebagian kecil yang sampai di bumi. Namun sejumlah energi yang kecil tersebut sudah cukup sebagai sumber energi di bumi. Berdasarkan hasil penelitian, setiap 1 cm2 atmosfer bumi rata-rata menerima energi matahari sebesar 2 kalori setiap menit (8,4 joule/menit). Nilai 2 kalori per menit ini selanjutnya disebut konstanta matahari.

  Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa matahari merupakan bola gas yang sangat panas. Bola gas tersebut terdiri atas 70 % gas hidrogen, 25 % gas helium, dan 5 % unsur-unsur lain seperti gas oksigen, karbon, neon, besi, nitrogen, silikon, magnesium, nikel, dan belerang (sulfur). Karena tekanan dan suhu yang sangat tinggi di dalam inti matahari (kira – kira 15 juta Kelvin) maka reaksi fusi antara dua inti hidrogen  membentuk satu inti helium sambil membebaskan energi yang sangat besar. Energi hasil reaksi fusi dipancarkan ke luar secara radiasi. itulah alasan matahari tampak bercahaya. 


Bagaimanakah matahari mempertahankan temperaturnya,sedangkan energi terus menerus dipancarkan.
Mekanisme produksi energi yang dipancarkan ke luar, karena reaksi nuklir :
 H+H   ----->   He+ Energi 

 Hal ini tidak membara dengan tenang,selalu menggelekgak, terjadi gejolak akibat ledakan nuklir. Dengan kekuatan berjuta – juta kali bom hidrogen yang dibuat manusia.


Sampai kapan matahari tampak bercahaya?
Berapa ton matahari kehilangan materinya setiap menit?
Berapa ton dalam sehari ?
Berapa ton dalam setahun?
Seberapa panjangkah umur matahari?
Hidrogen yang terdapat di inti atom Matahari hanya sekitar 10% yang ikut dalam reaksi inti atom. Di lihat dari kandungan hidrogen dalam matahari, reaksi penggabungan inti atom yang dilakukan Matahari dapat terus menghasilkan energi dalam 10 milliar tahun. Sampai saat ini, proses Matahari tersebut telah berjalan sekitar 5 milliar tahun, sehingga kemungkinan besar masih akan berlangsung selama 5 milliar tahun lagi. Setelah itu, matahari akan masuk ke dalam tahap perubahan yang radikal, akhirnya akan kehabisan energi, dan lama – kelamaan cahayanya di alam semesta akan hilang.
Namun hal ini hanya sebatas pemikiran manusia, yang tak luput dari kesalahan. Yang Maha Tahu segala isi alam semesta ini hanyalah Sang Maha Pencipta Allah Swt.


Apakah anda merasa kalau matahari lebih besar dari bumi? Berapa kali lipatkah besar Matahari dari Bumi? Apa anda merasa, Padahal jika kita lihat di bumi ini matahari kelihatan begitu kecil?

Diameter matahari sama dengan 109 kali diameter bumi .Matahari yang kita lihat bisa begitu kecil karena jarak Bumi dan Matahari sangatlah jauh. 

Pada kenyataannya, jarak bumi ke matahari mencapai 150 juta Km, dan jarak ini sering kita sebut Unit Astronomi.. Kalau begitu, berapa panjang diameter Matahari yang besarnya 109 kali lipat diameter bumi? Jawabannya adalah sekitar 1,39 juta km. 

Seberapa panaskah Matahari?
Pada tahun 1893 , ilmuwan fisika asal Jerman, Wilhelm Wren, memprediksikan suhu permukaan Matahari mencapai 6000 0C. Tapi matahari sama seperti planet lainya, bagian yang terletak semakin mendekat ke pusat, suhunya semakin tinggi. 

Oleh sebab itu, pada awal tahun 1920, seorang ilmuwan astronomi asal Inggris,Arthur Stanley Eddington, juga menggunakan pusat matahari sebagai patokan, dan memperoleh kemungkinan bahwa pusat matahari mencapai 15 juta derajat Celcius.


Apa sajakah fenomena yang terjadi di matahari?
         Granulasi
Daerah terang  dibatasi daerah gelap. Daerah terang bergerak naik ke atas, daerah gelap masuk ke dalam matahari. mirip pergolakan di permukaan air yang sedang mendidih.
         Bintik Matahari
      Bintik matahari adalah bercak suram yang tampak di fotosfer matahari. Itu disebabkan oleh turunnya suhu dipermukaan matahari. Suhu di tengah bintik matahari kurang lebih 40000 K. Kecermelangannya kira-kira seperlima fotosfer normal. Beberapa bintik matahari besar sekali, sekian kali garis tengah Bumi. Bentuknya bermacam- macam. Bila dilihat dengan telescop khusus, tiap-tiap bintik matahari terdiri dari petak suram ditengah serta dikelilingi daerah yang klebih terang. Bintik matahari sebenarnya adalah badai massa gas elektrik yang berpusat-pusat. Dalam gerakannya melintasi permukaan matahari, bintik tersebut menciptakan kegaduhan magnetik yang besar dan mempengaruhi peralatan elktrik dan magnetik di Bumi.
         Lapisan Kromosfer


      Kromosfer adalah lapisan tipis di atmosfer matahari. Lapisan ini terletak di atas fotosfer, dan memiliki kedalaman sekitar 2.000 kilometer.
      Nama kromosfer berasal dari fakta bahwa kromosfer memiliki warna kemerahan. Warna kromosfer hanya dapat dilihat oleh mata telanjang pada saat gerhana Matahari, ketika kromosfer terlihat di belakang bulan. 
         Lapisan Korona
Lapisan paling luar, tebalnya sampai jutaan km,  secara kontinu menipis menjadi angin yg menghembuskan ion-ion ke ruang tata surya. Temperaturnya sangat tinggi mencapai jutaan Kelvin, tetapi densitasnya sangat rendah
         Lidah Matahari 
    Ledakan matahari yang melontarkan materi dan energi yang jauh lebih besar dari biasanya. Temperatur flare sangat tinggi, lebih tinggi dari temperatur korona. Terjadi saat banyak bintik matahari. Terasa hingga ke bumi, terjadi aurora di sekitar kutub dan gangguan pd transmisi gelombang radio.
         Filamen
Daerah terang dekat sun spot. arus gas dgn kerapatan yg lebih tinggi dibanding daerah sekitarnya, tetapi  temperaturnya lebih dingin. Terjadi penangkapan elektron oleh atom dan ion disertai pelepasan energi dalam bentuk radiasi, shg tampak terang.
         Prominensa
Filamen yg terjadi di tepian piringan matahari, tampak sbg jilatan api yg menjulang tinggi di kromosfer dan korona, yg dikenal dgn prominensa



Mengapa cahaya matahari tampak berwarna kekuning – kuningan ?
di bagian lapisan matahari ada yang namanya Fotosfer yaitu permukaan matahari yang tebalnya kurang lebih 350 km. Lapisan inilah yang memancarkan cahaya sangat kuat. 

Oleh karena itu. fotosfer juga disebut lapisan cahaya. Suhu di fotosfer diperkirakan rata-rata 6.000 derajat celcius. Pada suhu tersebut, suatu benda memancarkan cahaya berwarna kuning. Hal ini sesuai dengan cahaya matahari yang berwarna kekuning-kuningan. 

Apa saja manfaat yang diberikan matahari bagi kehidupan kita?

  • Matahari mempunyai fungsi yang sangat penting bagi bumi. Energi pancaran matahari telah membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di bumi bersirkulasi, tumbuhan bisa berfotosintesis, dan banyak hal lainnya.
  • Merupakan sumber energi (sinar panas). Energi yang terkandung dalam batu bara dan minyak bumi sebenarnya juga berasal dari matahari.
  • Mengontrol stabilitas peredaran bumi yang juga berarti mengontrol terjadinya siang dan malam, tahun serta mengontrol planet lainnya. Tanpa matahari, sulit membayangkan kalau akan ada kehidupan di bumi.
  • Dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Sel surya dan panel surya dapat menghasilkan energi listrik.


3 Responses to "Matahari Sebagai Bintang"