-->

Benarkah Bumi Berbentuk Bulat?




Bumi 
Sebuah planet yang sedang kita pijak ini,
Sebenarnya masih terdapat begitu banyak hal yang berharga 
yang belum kita pahami,
Menyimpan segudang rahasia  yang belum  kita temukan di dalamnya,
dan sekarang bumi sedang menunggu teman – teman 
untuk menyelidikinya!








“Mencari jejak bumi bersama Mr.BoOM”

Sampai saat ini bumi telah melangkah jauh seiring berjalannya waktu, namun kita yang berada di dalamnya telah tertinggal jauh olehnya. Tapi jangan khawatir, bumi meninggalkan jejak untuk kita kok. Kalau kita mau mengejar ketertinggalan itu, kita pasti bisa menyusulnya. Ok Gak?
 Ayo kita bersama – sama mencari jejak bumi bersama Mr.BoOM!



Bumi meninggalkan jejaknya  berupa teka – teki berikut ini :
  •   Siapa yang bilang bahwa bumi itu bulat?
  • Apa buktinya kalau bumi itu bulat?
  • Seberapa besarkah Bumi?
  • Berapakah usia bumi?
  • Mengapa bumi berwarna biru ?
  • Mengapa bumi  bergerak mengelilingi matahari? 
  •  Jelaskan bahwa  selain berevolusi bumipun berotasi?
  • Apa akibatnya ketika bumi berotasi?
  • Adakah percobaan yang membuktikan bahwa bumi itu berotasi?
  • Apa akibatnya ketika bumi berevolusi ?




Siapa yang bilang bahwa bumi itu bulat?

 

“Bumi itu bulat “ adalah kenyataan yang diketahui oleh semua orang. Namun  manusia dulu sempat menyangka bentuk Bumi seperti piring dan mengira ujung bumi berupa jurang. Tapi ahli Matematika Yunani, Pythagoras bertanya, “ jika ujung Bumi adalah jurang, jika ada orang jatuh, akan jatuh kemanakah dia?”. Dia juga berusaha mengemukakan begitu banyak teori untuk membuktikan ujung bumi bukan jurang, dan mencetuskan bahwa “ Bumi adalah benda berbentuk bola yang sangat besar”. Dan tindakan heroik Magellan yang mengelilingi dunia dalam seminggu semakin membuktikan teori  bahwa “ Bumi itu Bulat
Apa buktinya kalau bumi itu bulat?
Bulatnya bentuk bumi ini dapat ditunjukkan dengan hal-hal seperti berikut.
  1. Jika kita memerhatikan kapal yang meninggalkan pelabuhan. yang mula-mula hilang dari pandangan adalah badan kapal. Selanjutnya, secara berturut-turut adalah bagian atas kapal,tiang bendera kapal, dan bendera kapal. Jika kapal datang menuju pelabuhan,yang pertama kali tampak adalah benderanya. Baru kernudian secara berturut-turut adalah tiang bendera kapal. bagian atas kapal, dan badan kapal. Hal ini hanya mungkin terjadi jika bentuk bumi melengkung.
  2. Jika terus berlayar ke satu arah, suatu pelayaran akan sampai ke tempat semula. Pelayaran seperti itu pernah dilakukan oleh Magelhaens pada tahun 1522.
  3. Hasil pemotretan bumi dari angkasa menunjukkan bahwa bentuk bumi adalah bulat.
“Berdasarkan penelitian diketahui bahwa bentuk bumi bukanlah bulat seperti bola, melainkan bulat pepat. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa diameter bumi ke arah khatulistiwa lebih panjang daripada diameter bumi ke arah kutub. “

Seberapa besarkah Bumi?

Jari – jari bumi jika diukur dari garis khatulistiwa menuju pusat bumi, kira – kira sepanjang 6.378 km dan jika diukur dari pusat bumi menuju kutub utara dan kutub selatan kira – kira sepanjang 6.360 Km. Karena bumi tidak berbentuk bulat tegak, melainkan memiliki kedua kutub yang agak miring sehingga membentuk bola oval yang garis khatulistiwanya sedikit menonjol, pengukuran dilakukan dari garis katulistiwa dan pusat bumi. Permukaan bumi kira – kira sebesar 1 juta Km2, dan beratnya lebih besar lagi, yaitu mencapai puluhan ribu kali lipat dari 597 ton.

Mengapa bumi berwarna biru ?

“Bumi adalah planet berlangit biru”. Ini adalah perkataan yang diucapkan oleh Gagarin, astronot pertama yang menaiki pesawat luar angkasa Vostok 1, setelah berhasil mengelilingi bumi sebanyak 1 kali putaran pada tanggal 12 april 1961. Bumi terlihat berwarna biru karena saat menerima pancaran dari sinar matahari, sinar akan mendapat pengaruh dari molekul atmosfer sehingga terpencar. Salah satunya yaitu sinar yang berwarna biru, mendapat pengaruh yang paling hebat dan kuat sehingga bumi terlihat berwarna biru.

Berapakah usia bumi?

Bumi terbentuk kira – kira 4,5 miliar tahun lalu. Dan permukaan bumi ,yaitu yang berupa kulit bumi,baru melewati 600 juta tahun lamanya. Masa terbentuknya kulit Bumi hingga saat ini kita sebut sebagai “Masa geologi” yang terbagi dalam beberapa masa:
1.      Massa Protozokium
Dimulai dari Bumi baru terbentuk sampai dengan 550 juta tahun lalu
2.      Masa Paleozoikum
Dimulai dari 550 juta tahun lalu sampai dengan 250 juta tahun lalu
3.      Masa mesozoikum
Dimulai dari 250 juta tahun lalu sampai dengan 65 juta tahun lalu
4.      Masa kenozoikum
Dimulai dari 65 juta tahun lalu sampai dengan sekarang

Mengapa bumi  bergerak mengelilingi matahari?

Bumi berputar mengelilingi matahari karena antara bumi dan Matahari memiliki gaya tarik – menarik. Gaya inilah yang membuat planet – planet lain juga berputar mengelilingi matahari, dan membuat satelit berputar mengelilingi planet. Kita menyebut gaya ini sebagai gaya gravitasi. Orang yang pertama kali menemukan gaya gravitasi adalah ilmuwan bernama Newton. Jika di sekitar matahari hanya ada bumi, maka gerak revolusi dan rotasi bumi akan berbentuk bulat. Namun karena bumi juga mendapatkan gaya gravitasi dari planet lain, pergerakan bumi menjadi bentuk oval.

 “Selain berevolusi bumi pun berotasi “

 Gerak revolusi menyatakan bumi mengitari matahari 
- Gerak rotasi menyatakan bumi mengitari porosnya sendiri



Setiap hari kita mengalami perputaran siang dan malam dan seringkali kita hanya menjalani aktivitas kita tanpa pernah ingin tahu bagaimana prosesnya. Perputaran waktu bagi manusia adalah bagian dari perjalanan hidup manusia di Bumi.Tapi bagaimana siang dan malam bisa terjadi?

 

 


  Sederhananya mungkin kita akan menjawab, siang terjadi kala Matahari terbit dan malam menjelang ketika sang surya masuk ke peraduannya. Tapi apa yang menyebabkan demikian? Rotasi Bumi. Perputaran Bumi pada porosnyalah yang menyebabkan terjadinya siang dan malam. Bagaimana bisa? Bumi kita adalah salah satu planet yang mengitari Matahari dan ia juga mengitari dirinya sendiri. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk menyelesaikan perputaran pada porosnya, dan inilah yang dikenal sebagai 1 hari bagi manusia.
Selama 24 jam waktu Bumi berputar mengitari porosnya, ada kalanya sebagian wajah Bumi berhadapan dengan Matahari dan inilah area yang mengalami siang.  Dan kemudian seiring dengan perputaran Bumi, wajah yang tadinya berhadapan dengan Matahari kemudian berputar dan membelakangi Matahari sehingga sisi wajah Bumi yang tidak disinari Matahari ini mengalami malam hari.

Bagi sebagian orang, mungkin akan berpikir mataharilah yang tampak bergerak di langit sehingga terbit di timur dan tenggelam di barat., apakah benar seperti itu?

 





Pada kenyataannya ini disebabkan oleh perputaran Bumi.  Matahari tampak terbit di Timur karena Bumi bergerak ke arah timur dan menuju ke barat ketika Matahari tampak terbenam.  Kalau dilihat dari Kutub Utara, maka perputaran Bumi ini tampak berlawanan arah jarum jam dan kita akan melihat kalau siang dan malam menyapu bola Bumi dari Timur ke Barat.

Selain terjadi gerak semu harian matahari , pergantian siang dan malam apa lagi akibat bumi berotasi ?

  • -          Pengembungan di khatulistiwa dan pemampatan di kedua kutub
Dahulu sewaktu bumi mengalami pembekuan dari gas menjadi cair kemudian menjadi padat, bumi terus berotasi terhadap porosnya sendiri dengan cepat. Akibat rotasi ini, inersia (kelembaman) menyebabkan bagian di sekitar khatulistiwa berayun ke arah luar. Ini menyebabkan penggembungan di sekitar khatulistiwa dan pemepatan di kedua kutubnya sehingga bumi seperti keadaannya sekarang.

  • -          Perbedaan waktu
Matahari seolah – olah bergerak dari timur ke barat. Karena itu tempat di sebelah timur selalu melihat matahari lebih dahulu daripada tempat di sebelah barat. Dengan kata lain: waktu tempat di sebelah timur ditambah dan disebelah barat dikurangi. Perbedaan waktu ini ditentukan oleh perbedaan bujur dimana beda bujur 1 = beda waktu 4 menit. Tentu saja beda bujur 15 = beda waktu 1 jam

  • -           Pembelokan arah angin

Karena adanya efek coriolis yang disebabkan oleh rotasi bumi terjadilah penyimpangan lintasan angin yang dinyatakan oleh Hukum Buys Ballot yang berbunyi : di belahan bumi utara angin berbelok ke kanan sedang di belahan bumi selatan angin berbelok ke kiri. Dengan demikian arah angin menjadi seperti terlihat pada gambar. Kerena efek coriolis maka angin utara di belahan utara dibelokkan ke kanan sehingga menjadi angin pasat timur laut.

  • -          Pembelokan arus laut

Arus – arus permukaan laut disebabkan sebagian oleh angin sehingga seperti halnya sistem angin yang disimpangkan oleh rotasi bumi maka arus lautpun disimpangkan oleh rotasi bumi. Arus laut dipaksa membelok searah jarum jam di laut – laut belahan bumi utara dan membelok berlawanan arah jarum jam di laut – laut belahan bumi selatan.


Adakah percobaan yang membuktikan bahwa bumi itu berotasi?

Ada
 1. Percobaan Benzenberg dan Reich (percobaan dengan benda jatuh)
Benzeinberg (tahun 1802) mengadakan percobaan dengan menjatuhkan sebuah peluru logam dari puncak menara. Ternyata peluru itu tidak jatuh persis dibawahnya, namun agak melenceng kea rah timur. Hal itu membuktikan bahwa bumi berotasi dari barat ke timur.
Reich (tahun 1831) juga melakukan percobaan yang serupa pada sebuah lubang pertambangan, dan ternyata hal yang serupa di dapatkan.

2.      Ayunan Foucault
Pada tahun 1851, Foucault mengadakan percobaan pendulum (bandul) yang diikatkan atau digantungkan pada puncak bangunan tinggi. Agar bandul yang diayunkan arahnya tetap, maka dipakai patokan bintang spica (bintang tetap). Ternyata setelah diamati, setiap 6 jam bandul mempunyai gerak yang berbeda.

Apa akibat yang ditimbulkan ketika bumi revolusi ? 

 

  •  Pergantian musim

Ada dua penyebab :
-Revolusi bumi mengitari matahari
-Kemiringan poros bumi terhadap poros ekliptika  (sebesar 23,50)
Akibat dari pergerakan semu tahunan matahari, terjadi perubahan musim sebagai berikut :
·                 Tanggal 21 Maret :
-Belahan bumi bagian utara musim semi
-Belahan bumi selatan musim gugur
-Di Indonesia saat peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.
·                Tanggal 21 Juni :
-Belahan bumi utara musim panas
-Belahan bumi selatan musim dingin.
-Di Indonesia sedang pertengahan musim kemarau
·                 Tanggal 23 September :
-Belahan bumi utara musim gugur
-Belahan bumi selatan musim semi
-Di Indonesia saat peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan
·                Tanggal 22 Desember :
-Belahan bumi utara musim dingin
-Belahan bumi selatan musim semi
-Di Indonesia musim penghujan
  • Gerak semu tahunan matahari
Perbedaan matahari pada  bidang ektiftika selama satu tahun.
Bidang ekliptika adalah lingkaran yang ditempuh matahari dalam satu tahun. Diantara bintang-bintang, memotong equator langit di dua titik yang dinamakan equinoctial (titik persamaan malam).
Bidang ekliptika membentuk sudut 23 ½0 equator langit. Itulah sebabnya matahari dalam satu tahunnya bergerak antara 23 ½ o  LU – 23 ½ 0 LS.
 Ada empat titik penting pada ekliptika :
Titik potong antara ekliptika dengan equator langit.
1. Titik aries atau titik musim semi (21 Maret); ketika matahari di titik ini, dibelahan bumi utara permukaan musim semi.
2.    Titik musim gugur (23 september); ketika matahari di titik ini, dibelahan bumi utara permukaan musim gugur.
Titik potong yang terjauh dengan equator, dinamakan juga solistitium yaitu titik pemberhentian matahari.
3.    Titik musim panas (21 juni); dinamakan solistitium musim panas atau solistitium utara. Ketika matahari dititik ini, di belahan bumi utara permukaan musim panas.
4.    Titik musim dingin (33 desember ); dinamakan solistitium musim dingin atau solistitium selatan. Ketika matahari di titik ini, dibelahan permulaan musim dingin.
Sepanjang ekliptika kira-kira 100 ke kanan dan 100 ke kiri terdapat 12 rasi bintang yang berderet membentuk sebuah gelang yang dinamakan Zodiak ke 12 rasi bintang tersebut.

Pergeseran matahari antara 23 ½ 0 LU (Garis Balik Utara) – 23 ½ 0 LS (Garis Balik Selatan)
Tanggal 21 maret , matahari tepat di khatulistiwa untuk semua tempat di bumi.
Keistimewaan tanggal 21 Maret :
-          Matahari terbit tepat di timur, dan terbenam tepat dibarat.
-          Panjang siang  = panjang malam
-          Jika berada di ekuator , misalnya di Pontianak  pada jam 12.00 matahari tepat di Zenit.
-           Di kutub selatan permulaan malam,dan di kutub utara permulaan siang.
Tanggal 21 Juni ,matahari dalam kedudukan paling utara yaitu pada garis 23 ½  0 LU.
Keistimewaan tanggal 21 juni:
-          matahari terbit di tempat paling utara da terbenamjuga di tempat paling utara.
-          Dikutub selatan tepat tengah malam, dan di kutub selatan sebaliknya.
-          Di tempat-tempat belahan utara siang lebih panjang daripada malam hari, di tempat-tempat belahan bumi selatan sebaliknya.
Tanggal 23 September, matahari kembali beredar di khatulistiwa. Arah sumbu perputaran bumi sama dengan arah sumbu perputaran bumi pada tanggal 21 maret.
Keistimewaan tanggal 23 september:
-          Matahari terbit tepat di titik timur dan terbenam tepat di titik barat.
-           Panjang siang  sama dengan panjang malam.
-          Di khatulistiwa pada jam 12.00, matahari tepat di Zenit.
-          Di kutub selatan permulaan siang hari dan di kutub utara permulaan malam hari
Pada tanggal 22 desember, matahari dalam kedudukan paling selatan yaitu pada garis 23 ½ 0  LS.
Keistimewaan tanggal 22 Desember:
-          Matahari terbit dan terbenam di tempat yang paling selatan.
-          Ditempat-tempat  belahan bumi selatan siang hari lebih panjang dari malam hari, di tempat-tempat belahan bumi utara sebaliknya.
-          Di kutub selatan tepat siang harridan di kutub utara sebaliknya.
  • Perubahan lamanya siang dan malam
Sewaktu matahari ada pada kedudukan paling utara , yaitu di GBU, KU paling condong ke matahari dan KS paling jauh dari matahari. Daerah di BBU mengalami siang hari lebih panjang daripada malamnya. Sebaliknya di BBS mengalami siang hari lebih pendek daripada malamnya. Bahkan di dalam daerah lingkaran KU terdapat sinar matahari selama 24 jam (siang terus). Sebaliknya di daerah lingkaran KS tidak terdapat sinar matahari selama 24 jam (malam terus)




0 Response to "Benarkah Bumi Berbentuk Bulat?"

Post a Comment