-->

MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA GERAK MELINGKAR

Miskonsepsi merupakan ketidak sesuaian pemahaman seseorang dengan pemahaman ahli terhadap suatu konsep. Miskonsepsi terjadi hampir pada semua mata pelajaran eksak, tak terkecuali fisika. Konsep fisika terdiri dari materi yang abstrak. Sehingga miskonsepsi muncul pada setiap bahasan fisika. Salah satu bahasan yang mengalami miskonsepsi adalah dinamika gerak melingkar. Berdasarkan hasil diagnosis siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung, diperoleh informasi bahwa sebanyak 38,97% siswa mengalami miskonsepsi. Secara lebih rinci, daftar konsep yang mengalami miskonsepsi pada materi dinamika gerak melingkar adalah sebagai berikut:

Rincian miskonsepsi gerak melingkar
No Soal
Konsep yang Benar
Miskonsepsi Siswa
Persentase (%)
1
Panjang lintasan berbanding lurus dengan sudut tempuh dan jari-jari lingkaran
·         Panjang lintasan berbanding terbalik dengan sudut tempuh dan jari-jari lingkaran
·         Panjang lintasan berbanding lurus dengan sudut tempuh, tetapi berbanding terbalik dengan jari-jari lingkaran
·         Panjang lintasan tidak dipengaruhi oleh sudut tempuh dan jari-jari lingkaran
40
2
Kelajuan linear benda berbanding lurus dengan kecepatan sudut dan jari-jari lintasan pada gerak melingkar
·         Kelajuan linear benda berbanding lurus dengan kecepatan sudut, tetapi berbanding terbalik dengan jari-jari lingkaran
46,67
3
Roda-roda yang dihubungkan dengan tali mempunyai kelajuan linier yang sama
·         Kelajuan linear tidak dipengaruhi kecepatan sudut dan jari-jari lintasan pada gerak melingkar
60
4
Gaya sentripetal berbanding lurus secara kuadratik dengan kelajuan linier tetapi berbanding terbalik secara linear dengan jari-jari lingkaran
·         Gaya sentripetal berbanding lurus secara linear dengan kelajuan
·         Gaya sentripetal berbanding terbalik secara linear dengan kelajuan
46,67

5
Percepatan sentripetal selalu mempunyai arah menuju pusat lingkaran
·         Percepatan tangensial selalu mempunyai arah menuju pusat lingkaran
36,67
6
Percepatan sentripetal selalu mempunyai arah menuju pusat lingkaran dan bergantung pada kuadrat nilai laju linier dan jari-jari
·         Percepatan sentripetal selalu mempunyai arah menyinggung lintasan lingkaran
3,33
7
Percepatan sentripetal berbanding terbalik secara linear dengan jari-jari lingkaran tetapi berbanding lurus secara kuadratik dengan kelajuan linier
·         Percepatan sentripetal berbanding lurus secara linear dengan kelajuan dan jari-jari lintasan.
53,33
8
Gaya sentripetal selalu mempunyai arah menuju pusat lingkaran
·         Gaya sentripetal selalu mempunyai arah yang sama dengan gaya gesek
·         Gaya sentripetal selalu mempunyai arah yang sama dengan gaya normal
63,33
9
Gerak melingkar (vertikal) akan mempunyai gaya sentripetal jika kecepatan minimum di puncak lingkaran adalah
·         Gaya sentripetal tidak dipengaruhi laju benda
30
10
Gaya sentripetal selalu mempunyai arah menuju pusat lingkaran
·         Gaya sentripetal selalu mempunyai arah menyinggung lingkaran
·         Gaya sentripetal selalu mempunyai arah ke luar dari pusat lingkaran.

33,33
11
Gaya sentripetal menyebabkan benda bergerak melingkar
·         Gaya sentrifugal penyebab benda berhenti bergerak melingkar
36,67
12
Gaya sentripetal mempunyai arah menuju pusat lingkaran
·         Gaya sentripetal mempunyai arah menyinggung lingkaran
13,33
13
Gaya sentrifugal merupakan gaya fiktif di luar kerangka gaya sentripetal
·         Gaya sentrifugal merupakan sebuah gaya yang selalu mempunyai pasangan gaya aksi-reaksi
43,33

Untuk diskusi lebih lanjut, dapat menghubungi penulis melalui email ufiqku@gmail.com
Sumber: Ahlif, U.F. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Dinamika Gerak Melingkar. (Skripsi). UPI Bandung: Tidak Diperjualbelikan.

0 Response to "MISKONSEPSI MATERI DINAMIKA GERAK MELINGKAR"

Post a Comment